Ruang lingkup atau bidang kerja sarjana teknokimia adalah penelitian proses, pengembangan proses, rekayasa proses dan analisis ekonomi, proyek keteknikan, teknik konstruksi, teknik operasi dan teknik pemasaran hasil (dari Harper, J.I., 1954, “Chemical Engineering in Practice)
Tujuan
Pendidikan Program Diploma IV Teknokimia STTN bertujuan untuk:
1. |
Mendidik dan memberi bekal kemampuan keilmuan dalam bidang proses kimia yang menerapkan teknologi nuklir (teknokimia nuklir) dan digunakan oleh industri kimia bahan nuklir (instalasi nuklir).
| ||
2. | Meningkatkan kemampuan/ketrampilan dalam mengerjakan tugas-tugas bidang teknokimia di lembaga penelitian dan industri, meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi data. | ||
3. | Meningkatkan ketrampilan berfikir dalam bidang Teknokimia Nuklir yang meliputi pemilihan dan pengembangan proses, scale up, serta pemilihan dan perawatan peralatan proses | ||
4. | Meningkatkan kemampuan untuk menyesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. | ||
5. | Meningkatkan kemampuan berkomunikasi secara efektif. | ||
6. | Mengembangkan sikap dan kebiasaan-kebiasaan sebagai berikut : | ||
1. | Bekerja secara efisien dan efektif; | ||
2. | Bekerja sesuai prosedur yang benar, memperhatikan keselamatan diri dan lingkungan; | ||
3. |
Keingintahuan (curiousity) informasi, spesifikasi, metode, dan hasil;
| ||
4. | Bertanggung jawab untuk memperoleh hasil yang bermanfaat; | ||
5. |
Bekerja sama untuk tujuan dan hasil yang lebih baik dan benar;
| ||
6. | Eksperimen adalah arbiter yang terakhir; | ||
7. | Menjunjung tinggi etika profesi dan moral. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar